Ngintip Skema Panggung Alexi Laiho

shares

Bagi seorang gitaris kesempatan untuk eksplorasi sound memang terbuka lebar ketika rekaman. Karena waktu yang dimiliki juga tersedia cukup banyak. Namun ketika naik panggung, hal itu mesti sedikit dihilangkan. Karena akan menjadi masalah sendiri jika hal yang ribet mengganggu jalannya performa diatas panggung.

Di dunia pergitaran dunia, nama Alexi Laiho menjadi sorotan tajam, disamping berbagai gossip mengenai dirinya. Namun terlepas dari itu, Alexi merupakan sosok musisi yang luar biasa. Alexi Laiho merupakan gitaris dan vokalis Children of Bodom.

Gitaris asal Swedia ini tak mau ambil resiko ketika naik panggung. Set sound yang ia pakai memungkinkan dirinya lebih fleksibel diatas panggung.

“Perangkat sound saya diatas panggung, hanya terdiri atas gitar ESP yang dicolokan ke preamp Lee Jackson dan kemudian ke ampli VHT,” jelas Alexi. “Tinggal colok dan langsung main,” tambah teknisi gitar Alexi, Neubi.

Alexi juga sangat efisien dalam urusan gitar, gitar ESP signature miliknya juga hanya mempunyai satu pickup humbucker, yakni EMG-HZ  H4 di posisi bridge. Hal tersebut dilakukan Alex agar lebih efisien dalam memainkan gitarnya, ia tidak perlu mengotak-atik tombol pengubah pilihan pickup (pickup selector switch).

“Untuk musik metal saya senang menghasilkan sound “lembut” dari pickup neck,” jelasnya. Alex hanya menambahkan efek delay lewat operator FOH nya.

Inilah seperangkat alat perang Alexi Laiho diatas panggung.

Gitar: ESP Custom Alexi Liho Black (Custom Built in Preamp)
Senar: DR Tite-Fit JH-10 ukuran 010, 014, 018, 032, 044, 056.
Tuning: D-G-C-F-A-D
Wireless: Shure UHF Marcad Diversity MKII
Tube Preamp: Lee Jackson Perfect Connection GP-1000
Exciter: RSP 2400
Preamp Signal: Rocktron Intelifex
Kabinet: Marshal 1960B 300W Mono/Stereo 4x12 dengan speaker Celestion G12T-75 dengan daya 75 wat

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment