5 Janji Setiap Wanita pada Dirinya Sendiri

shares


5 Janji Setiap Wanita pada Dirinya Sendiri
Rahasia dari kepercayaan diri tidak lebih dari sebuah rahasia saja, Dominique Bertolluci salah seorang penulis buku best-seller mengatakan bahwa semua yang wanita butuhkan hanyalah perlu komitmen untuk memperlakukan diri sendiri sama dengan apa yang wanita perlihatkan tentang kebaikan pada orang lain.

Kunci dari menyayangi diri sendiri yaitu “merasa nyaman menjadi apapun kamu dan merasa  nyaman dengan kehidupan apapun yang dijalani”, jelas Berolluci dalam bukunya The Kindness Pact. Hal tersebut membuat lebih intuitif dan menghapus segala hal negatif dalam pikiran. Namun masih banyak wanita yang belum dapat keluar dari hal tersebut.

Untuk membuat anda ingat caranya merasa nyaman terhadap diri sendiri, Bertolluci dalam bukunya merekomendasikan janji-janji yang harus terpatri, setiap bagiannya dirancang untuk menenangkan ketidaktenangan anda dan meningkatkan keberanian. Dalam perspektif lain, janji-janji tersebut sama dengan nasehat seorang teman yang secara naluriah akan terus memberikan nasehat-nasehat terbaik pada diri.

Janji pertama: Terimalah bahwa anda tidak “sempurna”
“Aku sangat sempurna dalam hal ketidaksempurnaan”

Tidak ada yang sempurna di dunia ini dan masih banyak orang yang terus menghabiskan tenaga dan mengikis kepercayaan diri mereka akibat terus mengejar hal tersebut. Ketika kamu menerima tentang ‘ketidaksempurnaan’, kamu akan menyadari tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Kamu akan paham hal tersebut, sama seperti orang lain, kamu mempunyai banyak hal positif dalam diri namun mempunyai hal negatif juga, bukan masalah, terimalah hal tersebut.

Ketika kamu mulai membuang segala beban tentang “sempurnanya” kamu dan mulai menerima “ketidaksempurnaan” maka kamu akan bebas menggunakan kualitas positif secara penuh dalam diri.

Janji Kedua: Selalu lakukan yang terbaik
“Aku selalu melakukan hal terbaik dan hal tersebut sudahlah cukup”

Ketika kamu mensetting tujuan yang tidak jelas yang kamu tidak dapat menggapainya, maka kamu akan melakukan hal-hal bodoh. Berjanjilah untuk selalu melakukan hal-hal terbaik yang kamu bisa untuk lebih realistis terhadap diri sendiri dan apapun hasil yang akan dicapai. Apa yang kamu rasa tentang kebanggan tidak akan bertahan lama dan kamu akan merasa lebih baik ketika kamu bangga akan apa yang dipunyai dan apa yang belum dapat dicapai.

Ketika kamu percaya apa yang kamu lakukan itu sudah cukup baik, kamu akan menerima bahwa kamu mempunyai hal-hal buruk, atau merasa sangat biasa, tanpa hal tersebut mempengaruhi cara pandang kamu terhadap diri sendiri.

Janji Ketiga: Hentikan Membandingkan Diri Sendiri
“Saya tidak perlu melihat diri saya sebagai lebih atau kurang dari orang lain”

Apakah itu tetangga, selebritis, atau orang-orang yang kamu lihat di TV, membandingkan diri sendiri dengan orang lain akan selalu meninggalkan perasaan “tidak cukup dalam diri. Bahkan ketika kamu menyadari bahwa kamu lebih baik atau lebih keren dalam banyak hal, hal tersebut hanya akan memberimu harga diri dalam jangka pendek.

Ketika kamu berhenti membandingkan diri dengan orang lain, seseorang yang harus dihentikan hanyalan kamu sendiri. Kamu akan lebih menggali kepercayaan diri dari hal tersebut dan kamu akan lebih cuek tentang apa yang dikatakan orang, baik ketika berhasil atau tidak.

Janji Keempat: Percaya pada potensi yang kamu punyai
“Aku benar-benar berharap hidupku bermanfaat dan bahagia”
Tidak hanya membuang-buang energi, kekhawatiran juga akan akan mengirim pesan pada alam bawah sadar anda akan harapan-harapan dalam hidup. Ketika kamu percaya bahwa kamu berpotensi, kamu akan lebih fokus akan tujuan yang kamu inginkan dan upaya kamu untuk merealisasikan tujuan-tujuan menjadi realitas yang kamu inginkan.

Janji Kelima: Bungkam kritikan dalam diri
Saya hanya terbuka pada pikiran yang mendukung dan memotivasi saya”

Cara kamu berbicara pada diri sendiri memiliki pengaruh besar tentang bagaimana merasa tantang diri kamu. Jika kamu berbicara pada diri sendiri dengan kasar, mengkritik atau meremehkan, kepercayaan diri kamu akan menurun, namun ketika kamu membungkam kritikan-kritikan yang berasal dalam diri tersebut dan tidak pernah berbicara pada diri sendiri secara kasar, kamu akan memelihara kepercayaan diri dan meningkatkan harga diri secara drastis.

“Be Yourself!!” Jangan lupa beri kami komentar tentang artikel ini. Salam dari Sisi.

Related Posts

3 komentar:

  1. Intinya intropeksi diri, dan lakukan apa yang bisa dilakukan, :)

    ReplyDelete
  2. iya gan jangan membanding-bandingkan diri sendiri dari orang lain, karna didunia ini tidak ada yang sempurna, saya setuju gan..

    ReplyDelete