Manfaat Buah Kering Bagi Kesehatan

shares

Manfaat Buah Kering Bagi Kesehatan - Tak hanya buah segar saja lho yang banyak manfaatnya, ada beberapa buah kering yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita seperti:


  • Currant (kismis): Anggur hitam yang berbentuk kecil-kecil dan dikeringkan. 
  • Sultana : Terbuat dari anggur kuning tanpa biji.
  • Raisin (sejenis kismis): Buah anggur matang dirubah menjadi sultana.
  • Date (kurma): Adalah buah palm yang dijemur di panas matahari sampai kering, banyak dihasilkan di Irak dan Afrika Utara.

Buah kering ini berasal dari Mesopotamia dan disukai karena rasanya yang manis, nilai gizi serta keawetannya. Makanan ini mempertahankan sebagian besar nilai nutrisi buah segar.

Apa saja manfaat buah kering?

Seperti yang dikutip oleh Menshealth, berikut manfaat buah kering untuk kesehatan:
1. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi
Kandungan bioaktif yang terkandung dalam buah kering, khususnya kismis dapat melawan mikroba penyebab gangguan gusi dan rongga mulut. Salah satunya adalah oleanolic acid yang bekerja melawan bakteri porphyromonas gingivitis, penyebab penyakit periodontal. 

2. Membantu Mencegah Terbentuknya Karang Gigi
Perkokoh tulang, kuatkan jantung Jenis buah kering yang kaya akan polifenol, seperti plum, cranberry, blueberry, dan kurma dapat membantu memperbaiki susunan dan kepadatan tulang, serta melindungi jantung dari kerusakan.

3. Mencegah Osteoporosis
Kandungan boron, kalsium, mangan dan zat besi dalam buah kering juga membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

4. Membantu Kerja Sistem Pencernaan
Buah kering juga kaya akan serat. Serat tentu dapat membantu kerja sistem pencernaan dan menjaga kelenturannya.

Menurut dr. Daniel Gallaher dari University of Minnesota di Amerika Serikat, buah-buahan kering memiliki kadar glikemik yang rendah, bisa membantu mencegah kehadiran penyakit  seperti penyakit diabetes, para peneliti juga yakin bahwa buah kering mampu mencegah penyakit kanker. Karena kandungan nutrisi dalam beberapa buah kering mampu menghentikan perkembangan sel kanker dan menekan terjadinya inflamasi.
Manfaat Buah Kering

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment