Olahraga Berlebihan, Inilah Akibatnya

shares

Walaupun olahraga merupakan aktivitas yang bisa menyehatkan jasmani dan rohani. Namun, tidak bisa dilakukan sembarangan. Untuk melakukannya, perlu tata cara atau aturan yang harus dijalani, terutama untuk menyesuaikan dengan kondisi tubuh kita. Seberapa sering olahraga itu harus dilakukan, atau seberapa berat beban olahraga yang harus tubuh kita terima.

Olahraga dengan intensitas yang tinggi sering dianggap lebih efektif membakar lemak. Padahal olahraga berlebihan bisa menjurus pada sejumlah masalah kesehatan yang fatal, salah satunya adalah efek pembekuan darah dan lain-lain yang bisa mengancam nyawa.

Inilah 4 bahaya olahraga berlebihan.
1. Pembekuan Darah
Salah penafsiran jika melakukan olahraga dalam intensitas tinggi akan lebih efektif membakar lemak masih sering terjadi. Padahal olahraga berlebihan bisa mendatangkan sejumlah masalah, salah satunya pembekuan darah yang akibatnya bisa mengancam nyawa seseorang.

2. Anoreksia
Olahraga keras dan dilakukan secara berlebihan bisa juga berakibat pada sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Banyak orang yang merasa dirinya gemuk sehingga melakukan olahraga secara berlebihan sehingga berefek pada kekurangan berat badan secara fatal atau yang dikenal dengan istilah anoreksia. Orang yang mengalami anoreksia cenderung tidak menyadari bahwa kondisi tubuhnya sudah tidak normal seperti semula. Untuk itu, cek kembali apakah kamu melakukan olahraga secara berlebihan atau tidak.

3. Memperbesar Jantung
Menurut para ahli kesehatan, olahraga yang sifatnya rekreasi atau prestasi bukan hanya bisa mendatangkan cedera otot, tapi juga berpotensi memperbesar jantung. Terutama pada latihan beban yang berlebihan. Pada saat mengangkat beban, biasanya kita akan menahan nafas, sementara menahan nafas saat mengangkat beban membuat udara tidak bisa ke luar dari jantung, dan pada saat itulah jantung akan membesar.

4.Kerusakan Ginjal
Olahraga yang dilakukan secara berlebihan bisa mengakibatkan fungsi otot tidak berjalan dengan baik. Otot akan terasa lebih sakit, dan masalah kesehatan lainnya juga akan bermunculan jika kebiasaan olahraga berlebihan dilakukan terus menerus. Kerusakan otot juga bisa berakibat pada gangguan enzim dalam darah yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan ginjal.

Itulah 4 akibat olahraga berlebihan,  berolahragalah dengan sewajarnya, agar tubuh kita sehat selalu.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment