Mekanisme Pasar di Sektor Kesehatan dan Eksternalitas

shares

Mekanisme Pasar di Sektor Kesehatan dan Eksternalitas

Sumber daya kesehatan sangat terbatas, oleh sebab itu diperlukan efisiensi. Dalam ekonomi kesejehtraan, terdapat dua teorema dasar. 
1. First fundamental Theorem of Welfare Economics.
2. Second Fundamental Theorem of Welfare Economics.

Dua-duanya menekankan efisiensi berbanding lurus dengan pasar kompetitif, namun pada tipe ke dua mesti terdapat endowment awal yang layak.

Kondisi-Kondisi yang dibutuhkan dalam model pasar kompetitif yaitu:
1. Kemajemukan pelaku pasar.
2. Tidak ada penghalang entry dan exit.
3. Tak ada regulasi dari pemerintah yang menghambat.
4. Barang atau pelayanan yang bersifat homogen.
5. Terdapat kesempurnaan informasi.

Apabila kondisi diatas tidak mencapai efisiensi berarti hal tersebut mengalami gagal pasar (market failure) dan penyebabnya yaitu eksternalitas. 

Efisiensi alokasi sumber daya mempunyai beberapa karakteristik yaitu.
ü Ekuilibrium
Keadaan dimana tidak terdapat kekuatan yang menekan harga keatas maupun kebawah, ditandai dengan seimbangnya harga yang dibayar konsumen dengan sama nilainya dengan barang-barang yang diproduksi produsen, yang membuat  adanya satu titik puncak, baik itu untuk konsumen mapun produsen yaitu surplus dari unit terakhir yaitu 0. Saat harga telah sama dengan biaya marginal, sehingga keduanya tidak dapat memperbesar surplus lagi disebut Pareto-Optimal. Jadi intinya yaitu alokasi sumber daya efisien yaitu harga sama dengan biaya marginal (marginal cost pricing). Bila terjadi perbedaan maka disebut Pareto-improvement.

Lalu timbul pertanyaan, jika mekanisme pasar kompetitif dapat mengalokasikan sumber daya efisien secara pribadi baik itu untuk konsumen maupun produsen, lalu apakah mekanisme tersebut akan berimbas pada alokasi sumber daya efisien bagi masyarakat  (eksternalitas)?. Mekanisme tersebut sejatinya tidak memberi efek pada eksternalitas atau dalam hal ini individu-individu diluar konsumen dan produsen. Dan eksternalitas tersebut tidak masuk dalam harga-harga barang atau pelayanan. Lalu bagaimana mengatasi ini, solusinya yaitu dukungan pemerintah. Namun pemerintah belum tentu pasti memberikan efisiensi, namun malah sebaliknya inefisiensi. Namun bagi negara-negara industri yang menerapkan ekonomi pasar membenarkan dukungan pemerintah untuk efisiesi alokasi sumber daya.

Kesimpulan
· Mekanisme pasar kompetitif merupakan paradigma ideal untuk mencapai efisiensi sumber daya kesehatan.
· Efisiensi sumber daya kesehatan dapat dicapai dengan persamaan manfaat marginal dengan biaya marginal.
· Efisiensi pribadi belum tentu efisien bagi masyarakat.
· Eksternalitas positif mengakibatkan produksi dan konsumsi lebih rendah dari yang optimal, sedangkan eksternalitas negatif berbanding sebaliknya.
· Adanya eksternalitas memungkinkan campur tangan pemerintah.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment